Setiap Tanggal 2 Mei Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang juga bertepatan dengan kelahiran sosok pejuang bangsa yaitu Bapak Ki Hadjar Dewantara.

Sejarah Hardiknas diawali oleh perjuangan Ki Hadjar Dewantara. Dimana beliau dianggap sebagai pahlawan yang sangat berjasa bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Beliau mendirikan Perguruan Taman Siswa yang merupakan sebuah tempat yang memberikan kesempatan bagi penduduk pribumi biasa untuk dapat menikmati pendidikan yang sama dengan orang-orang dari kasta yang lebih tinggi.

Ada semboyan terkenal milik Beliau yang hingga kini masih digunakan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Semboyan tersebut adalah “Ing Ngarsa Sung Tulada” (dari depan, seorang pendidik harus memberikan teladan yang baik). “Ing Madya Mangun Karsa” (dari tengah, seorang pendidik harus dapat menciptakan prakarsa atau ide). Serta “Tut Wuri Handayani” (dari belakang, seorang pendidik harus bisa memberi arahan).

Dengan mengetahui sejarah Hari Pendidikan Nasional diharapkan agar generasi mendatang selalu mengingat perjuangan pahlawan yang telah berjuang untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia.

Pendidikan itu penting. Ayo kobarkan semangat belajar! Demi kemajuan negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *