[SENINFO] Saat ini, penggunaan mesin pencari sudah merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat dunia maupun Indonesia. Hal ini didasari atas meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk mencari informasi yang diinginkan seperti mencari berita, materi pembelajaran, atau mungkin menggunakannya untuk kebutuhan lain.

Banyak dari mesin pencari yang sudah ada memberikan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan beberapa mesin pencari yang sudah ada seperti Google, Bing, DuckduckGo kita dapat mencari informasi dalam bentuk web, gambar, video ataupun berita. Namun, beberapa mesin pencari tersebut tidak memberikan fasilitas utuh untuk mencari dokumen seperti PDF, PPT (Power Point), DOC (Word), XLS (Excel), atau tipe dokumen lainnya. Hal ini lah yang mendorong Gusfahmi Alghazali Caniago untuk menciptakan suatu mesin pencari yang dikhususkan untuk mencari dokumen apapun secara mudah, cepat dan tentunya gratis.

Owplus merupakan nama dari mesin pencari dokumen tersebut. Dengan Owplus, pengguna dapat mencari dan mengunduh dokumen apapun dengan 12 tipe pilihan dokumen yang berbeda yaitu PDF, PPT, DOC, XLS, TXT, RTF, SVG, ODP, ODT, ODS, SWF dan XML. Cara kerja dari mesin pencari ini (Owplus) juga sama dengan mesin pencari pada umumnya yaitu pengguna cukup memasukkan keyword dari dokumen yang ingin dicari dan menentukan tipe dokumen apa yang ingin dicari.

Selain dapat mengunduh 12 tipe dokumen yang berbeda, Owplus juga menghadirkan fitur preview dimana fitur ini berguna untuk meninjau (melihat) isi dokumen terlebih dahulu sebelum mengunduhnya. Saat ini Owplus sudah tersedia dalam bentuk web yang dapat diakses melalui https://www.owplus.com dan dalam versi aplikasi android yang dapat diunduh di Google Play . Klik disini untuk download aplikasi Owplus.

Diharapkan dengan adanya Owplus (Mesin Pencari Dokumen) ini dapat membantu Indonesia untuk menunjukkan kualitasnya ke mata dunia karena Owplus merupakan mesin pencari pertama di dunia. Selain itu, diharapkan Owplus juga dapat meningkatkan kecerdasan anak bangsa dengan memfasilitasi pencarian dokumen-dokumen seperti materi pembelajaran, jurnal atau bahkan tutorial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *